2011/03/23

Menangani dan pencegahan penyakit ikan hias



Ikan sebenarnya merupakan binatang yang langka terserang penyakit. Artinya, asalkan ikan dipelihara dengan baik, diberi makanan bergizi, airnya sehat ( di akuarium diberi filter untuk menghilangkan kotoran dan air tidak berubah-ubah agar ikan tidak stress), maka ikan akan selalu sehat.
Ikan sakit umumnya hanya dikarenakan sistem pemeliharaan yang tidak benar. Tetapi mungkin saja ikan terkena penyakit, misalnya karena air atau bebatuan yang sudah mengandung penyakit atau karena di akuarium dimasukkan ikan baru yang sudah membawa penyakit, sehingga menular.
Secara umum penyebab penyakit ikan, yaitu :
1. Disebabkan bakteri yang masuk ke akuarium atau kedalam tubuh ikan. Untuk mengatasinya ikan tersebut              diberi antibiotik, misalnya melalui makanannya.
2. Disebabkan oleh jamur yang menempel ditubuh ikan tersebut.
3. Disebabkan oleh protozoa.
4. Disebabkan oleh virus. Biasanya ikan yang terkena virus, tidak bisa disembuhkan. Karena itu sebaiknya ikan tersebut segera diambil agar tidak menular terhadap ikan lainnya. Walaupun tidak bisa disembuhkan, penyakit yang disebabkan oleh virus sebenarnya bisa dicegah. Caranya adalah membiasakan ikan tersebut untuk hidup sehat.




Sumber : Kedaulatan Rakyat, 15 Agustus 1994. ( Dok. Trubus ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar